Vincetoxicum Atratum

Vincetoxicum Atratum Root Extract

BEAUTY

Vincetoxicum atratum root extract berasal dari ekstraksi akar tanaman Cynanchi radix (Vincetoxicum atratum atau Bunge), akar tanaman tersebut dapat dilihat pada Gambar 1. Tanaman ini biasa ditemukan di Asia, seperti Cina, Korea dan Jepang.

Akar dari Tanaman Cynanchi radix (Vincetoxicum atratum)

Gambar 1. Akar dari Tanaman Cynanchi radix (Vincetoxicum atratum)

Sediaan kosmetik beberapa produk mengandung bahan aktif yang dapat mengiritasi kulit dan membuat alergi pada beberapa pengguna, Gambar 2 menunjukkan contoh dari kulit yang mengalami iritasi karena penggunaan produk kosmetik. Iritasi merupakan respon lokal pada kulit karena adanya suatu reaksi setelah terpapar zat tertentu, sehingga menyebabkan inflamasi atau luka. Sedangkan alergi adalah reaksi dari sistem imun tubuh yang terjadi karena suatu zat. Substansi penyebab alergi atau alergen biasanya tidak berbahaya dan tidak mengakibatkan gejala alergi pada orang lain.

Iritasi pada Kulit karena Penggunaan Produk Kosmetik

Gambar 2. Iritasi pada Kulit karena Penggunaan Produk Kosmetik

Produk kosmetik yang sering digunakan, seperti facial wash yang mengandung surfaktan (agen
pembersih) tertentu, ada beberapa kulit dari pengguna sediaan tersebut akan mengalami iritasi yang diindikasikan dengan kulit bruntusan, kulit kemerahan, rasa panas dan gatal. Contoh lain, toner yang mengandung alkohol dan asam (AHA/BHA) dengan dosis tinggi juga dapat menyebabkan iritasi pada kulit di beberapa pengguna, terutama yang memiliki jenis kulit kering. Produk pewarna rambut maupun shampo dengan konsentrasi pewarna dan surfaktan tertentu yang cukup tinggi, juga dapat membuat kulit kepala iritasi pada beberapa pengguna. Sehingga menimbulkan rasa panas, perih, gatal dan kemerahan pada kulit kepala. Hal tersebut dapat diatasi dengan memberikan bahan aktif ke dalam sediaan yang bersifat sebagai anti iritasi dan skin conditioning, sehingga dapat meminimalisir bahkan mencegah terjadinya iritasi pada pengguna sediaan tersebut. Salah satu bahan aktif yang efektif dalam mengatasi masalah tersebut adalah menggunakan Vincetoxivum atratrum root extract. Manfaat utama Vincetoxicum atratum root ext pada kulit adalah mengatasi kulit iritasi (anti iritan), secara efektif memulihkan peradangan yang terjadi di kulit, merawat dan menenangkan kulit. Ekstrak ini juga dapat berperan mengatasi jerawat dan kulit sensitif, peradangan yang disebabkan oleh faktor lingkungan seperti polusi dan alergi terhadap sediaan kosmetik. Selain untuk kulit wajah dan tubuh, Vincetoxicum atratum root ext juga baik digunakan untuk kulit kepala.

Kulit Sensitif yang diberi (a) capsaicin, (b) capsaicin + Vincetoxicum atratum root extract

Gambar 3. Kulit Sensitif yang diberi (a) capsaicin, (b) capsaicin + Vincetoxicum atratum root extract

Kulit sensitif merupakan kulit yang rentan terhadap iritasi dan alergi, sehingga dibutuhkan bahan
aktif yang bersifat anti iritasi dan anti alergi seperti Vincetoxicum atratum root extract. Gambar
3 menunjukkan perbandingan pada kulit sensitif yang diberi capsaicin dan capsaicin dengan
Vincetoxicum atratum root extract. Capsaicin adalah zat yang memberikan efek pedas dan panas.
Gambar 3a merupakan kulit sensitif saat diberi capsaicin akan memerah, berdasarkan penelitian
selama 30 menit dan 60 menit pengujian masih memberikan efek kemerahan pada kulit (menunjukkan bahwa kulit tersebut mengalami iritasi). Sedangkan pada Gambar 3b kulit sensitif yang diberi capsaicin dengan Vincetoxicum atratum root extract, selama 30 menit dan 60 menit pengujian, hampir tidak memberikan efek kemerahan yang menandakan kulit tidak mengalami iritasi yang signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Vincetoxicum atratum root extract efektif sebagai agen anti iritasi dan alergi pada kulit. Penambahan Vincetoxicum atratum root ext dalam sediaan produk kosmetik dapat mencegah terjadinya iritasi dan alergi pada kulit, sehingga meminimalisir terjadinya kulit kemerahan, panas, gatal dan reaksi iritasi lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.