Resep Makanan Bayi MPASI 1 Tahun yang Susah Makan

Resep Masakan

Resep Makanan Bayi 1 tahun yang susah makan. Kami percaya bahwa ASI air susu ibu adalah makanan terbaik untuk bayi dan kami sepenuhnya mendukung rekomendasi Badan Kesehatan Dunia WHO tentang pemberian ASI ekslusif hingga bayi berusia genap enam bulan diikuti dengan pemberian makanan pendamping ASI yang aman dan tepat serta tetap memberikan ASI sampai anak berusia dua tahun atau lebih.

Pada saat bayi berusia 1 tahun makin banyak resep makanan anak 1 tahun yang dapat dicoba. Pasalnya, di usia ini anak umumnya sudah bisa makan menu yang sama dengan anggota keluarga lainnya. Mungkin pada sebagaian anak masih perlu sedikit penyesuaian dalam soal kepadatan dan bumbu-bumbu. Yang pasti, si Kecil perlu mengkonsumsi banyak buah dan sayuran serta sumber pangan sehat sebagai sumber karbohidrat, protein, dan serat.

Tetapi, menyiapkan resep makanan bayi anak 1 tahun yang sulit makan tentunya memiliki tantangan sendiri apabila si Kecil ternyata susah makan atau suka pilih-pilih makanan (picky eater). Apa yang harus Mam lakukan dalam menyiapkan menu makanan anak 1 tahun yang susah makan? Berikut beberapa tips dan tricksnya.

1. Cari tahu penyebab anak susah makan

Ada anak yang susah makan atau pilih-plih makanan karena alasan kesehatan. Tentunya pertama-tama Mam perlu berdiskusi dengan dokter anak untuk mengobatinya. Atau jika anak memiliki alergi, Mam bisa secara pasti tahu bahan apa yang menimbulkan reaksi alergi pada anak dan menghindari bahan tersebut saat menyiapkan resep makananan anak 1 tahun.

2. Bersabar saat memperkenalkan makanan baru

Saat Mam menyajikan resep makanan anak 1 tahun yang belum pernah dicoba si Kecil sebelumnya, ia mungkin akan bereaksi dengan menyentuh atau mencium makanan tersebut. Ia juga mungkin akan mau mencoba sedikit saja atau bahkan menolak sama sekali. Tapi jangan menyerah ya, Mam. Si Kecil biasanya perlu disodori suatu menu berulang-ulang sebelum ia mau mencobanya.

3. Sajikan bersama makanan yang ia sukai

Nah, jika Mam ingin menggunakan bahan pangan baru atau bahan pangan yang kurang disukai anak dalam resep makanan anak 1 tahun, Mam dapat menyiasatinya dengan mengkombinasikan atau menyajikannya bersama menu yang memang disukai anak.

4. Sajikan dalam porsi yang sesuai dan bentuk yang menarik

Walaupun menyajikan menu yang sama bagi si Kecil dan anggota keluarga lainnya, untuk menyiasati si susah makan, Mam sebaiknya menyajikan makanan dalam porsi kecil saja. Pasalnya melihat piring yang penuh bisa membuat anak merasa kewalahan. Tentunya si Kecil bisa menambah kemudian jika ia ingin. Kemudian, Mam bisa mencoba menyajikan menu makan supaya menarik bagi anak. Misalnya mencetak wortel berbentuk bunga atau menyajikan nasi aneka bentuk ala hidangan bento.

5. Libatkan si Kecil dalam menyiapkan makanan

Walaupun si Kecil masih berusia 1 tahun, Mam tetap bisa melibatkannya dalam proses menyiapkan makanan, lho. Misalnya meletakkan potongan buah dan sayur ke dalam wadah atau ikut berbelanja bahan-bahan yang hendak digunakan dalam resep. Jika si Kecil familiar dengan bahan-bahan yang digunakan, kemungkinan ia mau mencoba dan menyantap menu tersebut jadi semakin besar.

6. Gunakan satu bahan pangan untuk memperkenalkan bahan pangan yang lain

Jika si Kecil sudah mau mencoba satu jenis makanan, Mam bisa memanfaatkan makanan tersebut sebagai ‘jembatan’ untuk memperkenalkan makanan lainnya yang serupa. Misalnya yang warnanya sama, citarasanya mirip, teksturnya sama, dan sebagainya.

Susah makan biasanya memang bagian dari proses tumbuh kembang anak dan umum terjadi. Tetapi jika Mam masih ragu atau cemas karena si Kecil susah makan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis anak atau ahli gizi ya, Mam. Yuk pastikan si Kecil selalu mendapat asupan nutrisi seimbang agar ia menjadi anak hebat.

Adapun daftar contoh makanan pendamping ASI (MPASI) untuk mengatasi anak atau bayi usia 1 tahun yang susah makan, sebagai berikut :

1. Sup daging

Menu kedua yang bisa ibu coba untuk anak-anak adalah sup daging, bunda bisa membuatkannya sup daging yaitu dengan memotong dadu daging sapi yang dicampur dengan beberapa sayuran seperti misalnya kentang, kol, dan irisan daun bawang. Penggunaan kaldu sapi untuk membuat sup menjadikan rasa sup menjadi lebih enak.

Manfaat : Sup daging yang hangat tidak hanya menambah cita rasa dan membuat anak jadi doyan makan. Anak juga bisa mendapatkan makanan karena daging sapi adalah salah satu sumber zat besi yang baik bagi anak. Selain itu juga mengandung protein tinggi yang baik untuk tumbuh dan kembangnya.

2. Ubi jalar rebus

Tidak hanya sayuran ya bunda, jika anak kesulitan untuk makan maka tidak ada salahnya bunda memberikannya ubi jalar yang direbus atau mungkin diolah dengan cara lainnya. Anak akan menyukainya karena ubi jalar memiliki rasa manis alami dan lunak.

Manfaat : Ubi jalar mengandung banyak sekali vitamin dan mineral yang dibutuhkan si anak, salah satunya adalah kandungan seratnya yang tinggi bisa membantu melancarkan pencernaan si anak. Sehingga mengurangi resiko bayi tidak BAB 3 hari.

3. Puding wortel

Kita bisa membuatkan mereka camilan yaitu puding wortel, cara membuatnya sangatlah mudah ya bunda. Kita hanya perlu memblender wortel hingga halus kemudian dibuat puding dengan cara mencampurnya bersama susu, agar-agar putih, dan juga gula pasir. Anak-anak pasti akan sangat menyukainya, selain itu mereka juga masih bisa mendapatkan manfaat dari wortel. Bisa dicoba di rumah ya bunda!

Manfaat : Kandungan wortel di dalam puding wortel ini sangat baik untuk menjaga kesehatan mata anak. Selain itu susu yang menjadi bahan dasar puding juga baik karena mengandung kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi anak.

4. Bubur ikan

Jika anak susah makan tentu saja nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya akan menjadi sedikit dan mungkin kurang. Nah ibu tentu mulai sekarang harus memperhatikan makanan yang diberikan kepada mereka. Bunda bisa membuatkan anak bubur ikan, tentunya pilih ikan yang tak ada merkurinya.

Manfaat : Selain memberikan rasa yang sedap, bubur ikan juga mengandung omega 3 dan juga protein yang baik untuk kesehatan anak kita.

5. Sup ayam kampung

Sup ayam kampung adalah salah satu jenis makanan yang baik untuk si kecil. Bunda bisa memasakkan sup ayam kampung, sup ayam kampung hangat akan menjadi menu yang disukainya.

Manfaat : Sup ayam kampung memilki protein yang tinggi yang baik untuk pertumbuhan si anak dan dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti misalnya flu dan demam yang anak derita.

6. Puding susu

Ketika anak tidak ingin makan dan benar-benar enggan untuk makan sebaiknya bunda memberikannya puding susu. Puding susu memang lebih banyak disukai oleh anak-anak sebagai makanan camilan. Anda bisa mencoba mencampur puding susu dengan jenis makanan lain yang lebih berat seperti kue kering.

Manfaat : Puding susu mengandung kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi si anak. Pudingsusu juga termasuk makanan yang bisa mengatasi penyebab bayi susah BAB sehingga anak Anda kembali sehat seperti semula.

7. Sup kacang polong dan jagung manis

Selanjutnya bunda bisa memberi makan si anak dengan sup kacang polong yang dicampur dengan jagung manis, irisan wortel, dan juga tambahan telur. Rasa manis dari kacang polong dan juga jagung manis membuat si anak menjadi lebih doyan makan karena rasanya tidak pahit seperti sayuran lainnya.

Manfaat : Kacang polong sendiri adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang memiliki berbagai macam nutrisi seperti misalnya protein, asam folat, vitamin, bahkan Omega 3 yang diperlukan oleh tubuh si anak. Jika bunda memberikan masakan sup yang lezat ini maka sama saja melakukan cara agar balita tidak mudah sakit. Cara membuatnya sangat mudah bunda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.