Kue Cubit Jakarta Takaran Sendok

Resep Kue Cubit Khas Jakarta Takaran Sendok

Resep Masakan

Resep Kue Cubit sederhana takaran sendok yang lembut dan empuk banget. Sebenarnya ada banyak varian resep kue cubit jadul ala Abang-abang yang bisa dicoba sendiri di rumah. Pasalnya, jajanan ini sudah ada sejak zaman dulu dan masih jadi favorit banyak orang hingga saat ini, baik anak-anak hingga orang dewasa. Kemungkinan besar kehadiran kue cubit juga menjadi warna tersendiri dari memori masa kecil Anda. Pasalnya, kue cubit ini biasanya dijajakan di lingkungan sekolah. Harganya yang ramah dengan kantong pelajar dan rasanya yang lezat membuat kue cubit diminati oleh banyak orang. Namun masih banyak yang belum tahu tentang sejarah dari kue cubit itu sendiri.

Banyak yang beranggapan lahirnya nama kue cubit ini berasal dari proses pembuatannya. Kue cubit dimasak dalam loyang bertekstur bulat yang adonannya diproses dengan cara dicubit atau dicongkel menggunakan alat khusus untuk membuatnya matang di kedua sisi. Resep kue cubit ini juga memiliki bahan yang cukup sederhana. Resep kue cubit secara umum hanya terdiri dari campuran terigu dan susu. Meskipun cukup populer di seluruh masyarakat Indonesia, ada yang menyatakan bahwa kue cubit ini merupakan hidangan khas Belanda yang telah dimodifikasi. Sebagaimana yang telah diketahui bahwa kuliner sepeninggalan Belanda cukup berkembang pesat di Indonesia. Beberapa pihak mengidentifikasi jika kue cubit ini merupakan modifikasi dari salah satu makanan ringan khas Belanda, yaitu poffertjes.

Kesamaan antara poffertjes dan kue cubit ini dapat ditemukan dari alat dan cara pembuatannya. Secara umum, kita mengetahui bahwa kue cubit memiliki bentuk yang membulat dengan cita rasa otentik. Secara tradisi poffertjes biasanya dihidangkan dengan taburan gula bubuk dan juga mentega. Kehadiran dua bahan tersebut menambah kesan lezat dalam santapan khas Belanda tersebut.

Berbeda dengan poffertjes, untuk topping-nya, kue cubit menggunakan bahan yang lekat dengan lidah orang Indonesia, yaitu meses. Seiring berjalannya zaman, modifikasi rasa dari resep kue cubit ini cukup beragam. Selain meses, resep kue cubit saat ini juga sudah ada yang menggunakan keju sebagai topping. Untuk adonannya sendiri juga tidak hanya sekadar terigu dan susu saja, ada juga resep kue cubit yang menggunakan ekstrak green tea dan dalam proses pengolahannya. Variasi kue cubit yang beragam ini cukup berhasil menjaga popularitas dan eksistensi dari salah satu jajan tradisional Indonesia untuk tetap hidup dari masa ke masa.

Dengan banyaknya modifikasi dan variasi dari kue cubit, banyak yang menyebarkan resep kue cubit yang bisa diolah di rumah dengan mudah. Untuk resep kue cubit ini kita akan gunakan buah Bit, buah yang mengandung banyak manfaat seperti vitamin C, folat, kalium, magnesium, sodium, dan zat besi. Memadukan buah bit ke dalam adonan resep kue cubit menjadi kreasi masakan yang bermanfaat, sehingga cita rasa khas tetap terjaga namun rasa kue cubit bikinan rumahan ini jadi lebih lezat untuk dijual. Inilah resep kue cubit khas Jakarta aneka rasa untuk dimakan sendiri maupun untuk jualan.

Resep Kue Cubit Khas Jakarta

Bahan-bahan :

  • 2 buah bit
  • 250 g tepung terigu
  • 150 g gula pasir
  • 100 ml air matang
  • 3 butir telur ayam
  • 3 sdm mentega cair
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt baking soda
  • 1 sdt vanila
  • 150 ml Frisian Flag Kental Manis Cocopandan
  • Keju atau meses secukupnya

Cara Membuat Kue Cubit Khas Jakarta :

  1. Kukus terlebih dahulu 2 buah bit hingga memiliki tekstur yang lembut.
  2. Setelah tekstur buah bit lembut, Anda bisa haluskan menggunakan mixer atau blender. Pastikan buah bit halus tanpa menggumpal agar bisa tercampur merata dengan bahan lainnya.
  3. Setelah buat bit halus, langsung tuang ke wadah dan masukkan seperti tepung terigu, gula pasir, air matang, telur ayam, mentega cair, 1 sdt baking powder, 1 sdt baking soda, vanila, dan Frisian Flag Kental Manis Cocopandan. Aduk semua bahan hingga merata menjadi adonan dengan konsistensi yang agak kental
    Setelah adonan siap, panaskan cetakan atau loyang kue cubit di atas api sedang. Olesi mentega secukupnya agar adonan tidak lengket.
  4. Setelah loyang panas, tuang adonan secara perlahan. Masak hingga adonan mulai menunjukkan gelembung.
  5. Tambahkan meses atau keju sesuai selera sebagai topping. Lalu balikkan adonan agar matang di kedua sisi.
  6. Ulangi proses ini hingga seluruh adonan habis
  7. Tata kue cubit yang sudah matang di atas piring saji. Kue cubit khas Jakarta sudah bisa disantap untuk temani waktu santai Anda bersama orang-orang tersayang di rumah.

Resep Kue Cubit Pandan

Bahan-bahan :

  • 130 gram tepung terigu
  • 100 gram gula pasir
  • 100 gram mentega, cairkan
  • 3 butir telur
  • 150 ml susu cair Frisian Flag Purefarm Full Cream
  • 1/4 sdt soda kue
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 1/4 sdt garam
  • 1 tetes pasta pandan atau pewarna makanan rasa pandan (sedikit saja)
  • 3 sdm Frisian Flag Kental Manis Cocopandan

Cara Membuat Resep Kue Cubit Pandan :

  1. Kocok telur dan gula hingga mengembang. Boleh pakai mixer atau whisk.
  2. Masukkan tepung terigu, baking powder, soda kue, vanili, dan garam. Ayak semua bahan tersebut.
  3. Masukkan bahan tersebut ke dalam kocokan telur sedikit demi sedikit secara bergantian dengan susu cair.
  4. Aduk sampai rata sampai tidak ada yang menggumpal
  5. Tambahkan Frisian Flag Kental Manis Cocopandan lalu aduk lagi sampai rata
  6. Masukkan mentega cair dan pasta pandan, aduk kembali. Setelah teraduk rata, tutup adonan dengan kain dan diamkan selama 30 menit
  7. Kemudian panaskan cetakan kue cubit yang sudah dioleskan mentega atau margarin
  8. Tuang adonan resep kue cubit pandan ke setengah cetakan, sebaiknya tidak terlalu penuh karena adonan resep kue cubit akan mengembang.
  9. Setelah setengah matang, tambahkan topping sesuai selera, bisa coklat meses atau keju
  10. Tutup cetakan dan masak kue cubit sampai matang
  11. Angkat dan resep kue cubit pandan pun siap dinikmati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.