Resep Kue Cimplo kukus khas Indramayu, Cirebon dan Subang, kue apem mekar mengembang ini konon dipercaya berkhasiat sebagai kue tolak bala

Resep Kue Cimplo Kukus Khas Indramayu

Resep Kue

Resep Kue Cimplo kukus khas Indramayu dan Cirebon. Kue cimplo bisa dimasak dengan cara dikukus ataupun dipanggang atau bakar di dalam cetakan kue apem. Dalam tradisi masyarakat Jawa khususnya di daerah Indramayu, ada sebuah tradisi dimana pada bulan safar masyarakat khususnya ibu rumah tangga membuat sebuah kue apem kukus atau yang biasa dikenal dengan Kue Cimplo putih atau bisa dibuat warna-warni. Biasanya masyarakat membuat kue ini untuk dibagi-bagikan kepada tetangga atau masyarakat sekitar. Bagi masyarakat Subang dan Indramayu, kue apem mekar mengembang yang satu ini konon dipercaya berkhasiat sebagai kue tolak bala/bencana.

Kue Cimplo atau kue apem tembem ini disajikan dengan bumbu gula merah yang di campur dengan parutan kelapa sebagai air gulanya karena rasa cimplo yang tawar dan perlu campuran gula agar rasanya manis lebih nikmat dan lezat. Kue apem yang satu ini jarang di jual di pasaran sehingga anda harus membuatnya sendiri di rumah. Berikut rahasia resep kue cimplo khas Indramayu pakai tape singkong (sampeu) atau tanpa tape singkong.

Resep Kue Cimplo

Bahan-bahan :

  • 1 kg tepung beras
  • 1/4 kg tape singkong
  • 1,4 sdt bibit roti atau ragi instan
  • 1 buah air kelapa setengah tua

Cara Membuat Kue Cimplo :

  1. Masukkan satu persatu bahan dalam wadah dan tambahkan air secukupnya, aduk hingga rata.
  2. Aduk-aduk terus sampai terlihat encer lalu diamkan, kurang lebih 5 sampai 6 jam sampai mengembang.
  3. Siapkan api sedang untuk memasak cimplo.
  4. Oles cetakan dengan minyak biar tidak menempel, kemudian masukan adonan tadi yang sudah mengembang dan jangan lupa setelah mengembang di aduk dahulu.
  5. Tuang adonan cimplo kedalam cetakan kue apem. Jangan lupa balikan apem cimplo tersebut agar bagian atasnya matang. Kemudian angkat.
  6. Sajikan bersama air gulanya.

Cara Membuat Air Gula Kue Apem Cimplo :

  1. Siapkan parutan kelapa.
  2. Masukkan gula dan biarkan hingga mencair.
  3. Campurkan gula merah.
  4. Tambahkan juga dengan daun pandan.
  5. Masak hingga mencair.