Resep Es Dawet Ayu Khas Banjarnegara Tepung Beras Asli

Resep Minuman

Resep Es Dawet Ayu Khas Banjarnegara tepung beras asli original. Selain enak di hidangkan dalam keadaan panas atau hangat, dawet ayu Banjarnegara juga biasanya disajikan dingin dengan menambahkan es batu. Dawet Ayu hijau pandan atau campur daun suji merupakan minuman segar dingin khas dari Kabupaten Banjarnegara di bandung Jawa Barat namanya adalah cendol yang terbuat dari tepung beras

Mengenal Es Cendol Dawet

Kata dawet tercatat di dalam sebuah buku Serat Centhini yang disusun di Surakarta, Jawa Tengah pada tahun 1814 – 1823. Namun ada pendapat lain yang menyebutkan bahwa kata cendol dan dawet tercatat pada abad ke – 14 dalam buku yang berjudul Kakawin Kresnayana oleh Mpu Triguna dari Kerajaan Kediri.

Pada umumnya, kata dawet merupakan kata ganti dari cendol hijau yang dibuat dari tepung beras yang kemudian dicampur dengan santan dan gula jawa cair. Sejak dahulu kala, masyarakat yang tinggal di Jawa Tengah telah membuat dawet dengan cara tradisional dan menjadikan dawet sebagai produk dari pertanian.

Sebagai tambahan, dawet juga populer di daerah Banjarnegara, Jawa Tengah. Namun yang membedakan adalah es cendol dawet kala itu hanya masyarakat minum asli tanpa menggunakan es.

Es cendol dawet populer dalam adat Jawa, ia adalah bagian dari hidangan dalam upacara pernikahan milik adat Jawa. Upacara tersebut bernama Midodaren yang berisi adat menjual minuman dawet, ia disebut dodol dawet dalam Bahasa Jawa.

Baca Juga : Resep Es Cendol

Dalam melaksanakan Midodaren, orang tua dari pengantin wanita akan menjual dawet setelah memandikan pengantin dan sehari sebelum acara pernikahan. Adat ini orang tua lakukan hanya kepada kerabat dekat yang datang pada acara pemandian atau ‘siraman’.

Para kerabat akan membayar es cendol dawet dengan menggunakan koin yang berasal dari pengantin perempuan. Harapan dari pelaksanaan adat Jawa satu ini adalah akan ada banyak tamu sebanyak dawet yang terjual. Berikut rahasia resep es dawet ayu Banjarnegara yang lembut dan empuk serta kenyal seperti cendol.

Resep Es Dawet Ayu

Bahan-bahan :

  • 6 gayung air pandan
  • 500 g tepung Rose Brand
  • 500 g tepung sagu
  • 1 sdm garam
  • Gula merah secukupnya
  • Santan secukupnya
  • Es batu secukupnya

Cara membuat Es Dawet Ayu :

  1. Masukkan 6 gayung air pandan di wadah yang telah berisikan 500 gram tepung Rose Brand, 500 gram tepung sagu, dan garam satu sendok makan.
  2. Diaduk-aduk hingga benar-benar terlihat kental dan tercampur bagus, tapi usahakan agar jangan terlalu kental banget.
  3. Panaskan sisa air pandan tadi, dan ketika air terlihat mulai mendidih masukkan adonan yang telah kental tadi ke dalam air pandan yang sedang dipanaskan.
  4. Diaduk-aduk terus, jangan pernah berhenti supaya es Dawet benar-benar sempurna.
  5. Setelah semuanya terlihat sudah benar-benar kental, angkat dan biarkan beberapa saat.
  6. Cetak adonan tadi supaya seperti cendol atau dawet.
  7. Gula merahnya supaya dicampur dengan air mendidih 100 ml, aduk-aduk hingga tercampur merata.
  8. Cara membuat santan, bisa memeras sendiri dari buah kelapa, remas hingga keluar santannya yang telah tercampur air.
  9. Terakhir yaitu campuran dawet, santan, gula merah, dan es batu supaya segar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.