Maag dan sesak dada ternyata berhubungan

Penyebab Maag Dan Sesak Dada

HEALTH

Maag dan sesak dada ternyata berhubungan. Bagi kamu yang memiliki masalah maag, mungkin sudah terbiasa ya mengalami perut perih, kembung atau mual. Tapi apakah kamu pernah merasakan seperti sesak di dada?.

Mungkin kamu merasa nggak ada hubungannya dengan masalah maag di tubuh dan sesak nafas. Tetapi nyatanya, sesak di dada bisa menjadi salah satu tanda jika maag kamu sudah mulai kronis lho. Apalagi sudah menyerang saluran pernafasan.

Kenapa maag dan sesak dada berhubungan?

Biasanya ini disebabkan karena cairan asam lambung yang kronis akan naik ke atas dan bersentuhan dengan kerongkongan, atau bisa juga masuk ke dalam organ paru – paru. Saat asam lambung masuk ke paru – paru ternyata bisa memicu refleks saraf untuk menyempitkan saluran udara dan paru – paru pun akan menekan asam lambung tersebut keluar dari paru – paru. Makanya kamu akan terasa sesak dada saat maag kamu kambuh.

Jika ini terjadi terus menerus, maka bukan hanya lambung saja yang mengalami kerusakan, melainkan kerongkongan dan paru – paru bisa menyebabkan masalah pernafasan seperti asma.

Walaupun banyak pengobatan untuk mengatasi maag dan sesak nafas, tetapi pencegahan seperti gaya hidup sehat tentu lebih besar dampaknya dibandingkan dengan pengobatannya. Apalagi banyak dari kita yang masih sering mengonsumsi makanan pedas dan berkobansi yang ternyata sebagai cikal bakal terjadinya asam lambung naik.

Bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit maag, sebaiknya mulai menjaga pola makan secara disiplin. Bukan dengan makanan sehat saja dapat mencegah maag kambuh, pola makan yang disiplin juga dapat membantu kamu untuk menekan asam lambung yang naik.

Dilansir dari Kompas.com porsi makan yang besar dapat memproduksi asam di lambung lebih banyak dan lebih sulit dicerna, sehingga memberikan tekanan lebih besar di kerongkongan bagian bawah yang dapat memicu sesak nafas.

Nah, bagi kamu yang sudah memiliki masalah maag. Ga ada salahnya lho untuk mengatasi maag dengan pola hidup sehat, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.