Contoh Menu Diet Karbo Tanpa Nasi

Mengenal Diet Karbo dan Manfaatnya

HEALTH

Diet karbo atau Diet rendah karbohidrat adalah program diet yang dilakukan dengan cara membatasi asupan karbohidrat atau menyesuaikan dengan kebutuhan dan aktivitas harian dari biasanya. Sebagian asupan karbohidrat akan diganti dengan konsumsi makanan yang mengandung tinggi lemak, protein dan serat dari sayuran.

Penerapan diet rendah karbohidrat dan tinggi protein ini dianggap dapat menekan pembentukan lemak berlebih di dalam tubuh untuk mempertahankan berat badan dan mencegah obesitas. Namun harus dilakukan secara perlahan dalam hitungan mingguan maupun bulanan.

Dikutip dari Hello Sehat, umumnya orang dewasa yang sehat dianjurkan mengonsumsi karbohidrat sekitar 300 – 400 gram per hari. Saat menjalani diet ini, maka akan mengurangi asupan karbohidrat sebanyak setengahnya atau sekitar 150 – 200 gram.

Tips Melakukan Diet Karbo

Diet Karbo atau Diet rendah karbohidrat dikenal sebagai diet yang lebih efektif untuk menurunkan berat badan dalam jangka pendek dibandingkan dengan diet rendah lemak.

Inilah tips melakukan Diet Karbo yang perlu kamu perhatikan.

  • Batasi asupan karbohidrat hanya sekitar 50 – 200 gram per hari. Ini tentu harus disesuaikan dengan kondisi tubuh dan aktivitas sehari – hari.
  • Konsumsi makanan yang rendah karbohidrat tetapi tinggi lemak. Makanan yang sesuai dengan kriteria ini, seperti ikan, daging, kacang-kacangan, telur, lemak sehat dan juga produk susu.
    Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan perbanyak konsumsi air mineral, setidaknya 8 gelas atau 2 Liter setiap harinya.
  • Perlu diingat bahwa kebutuhan kalori dan energi setiap orang berbeda-beda, tergantung jenis kelamin, usia, aktivitas sehari-hari, dan kondisi kesehatan. Oleh karena itu, sebelum kamu memutuskan menjalani program diet ini, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Manfaat Diet Karbo Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat utama yang akan dirasakan dari melakukan program diet ini adalah membantu menurunkan berat badan dan menjaga berat badan agar tetap ideal dalam jangka pendek.

Hal ini disebabkan karena ketika kita menurunkan asupan glukosa yang berasal dari karbohidrat, maka diharapkan tubuh akan membakar lemak sebagai sumber energi.

Selain itu, manfaat diet ini untuk menurunkan trigliserida, yaitu partikel yang membawa lemak yang mengalir dalam darah dan meningkatkan HDL yang juga dikenal sebagai kolesterol baik.

Manfaat lain dari diet karbohidrat yaitu mencegah serta membantu memperbaiki gangguan metabolisme, diabetes, tekanan darah tinggi, serta penyakit kardiovaskular.

Namun, hindari penurunan asupan karbohidrat secara drastis. Hal ini kemungkinan akan menimbulkan efek samping. Efek samping tersebut berupa sakit kepala, lemas, bau napas tidak sedap, sulit buang air besar, atau bahkan diare.

Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan dengan cara ini, Pastikan melakukannya dengan cara yang sehat. Perlu diingat juga, bahwa tidak semua orang bisa mendapat manfaat dari diet rendah karbohidrat. Oleh karena itu, perlu adanya sikap konsisten dan disiplin maka berat badan yang diinginkan akan tercapai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.