Makanan yang Mengandung Sumber Kolagen Tinggi Alami

BEAUTY

Inilah 7 makanan yang mengandung kolagen paling tinggi. Mungkin Anda pernah mendengar kolagen dalam produk minuman, makanan, skincare dan perawatan kulit lainnya. Namun, apa itu kolagen? secara singkat kolagen (collagen) merupakan protein penting yang menyusun kulit, jaringan ikat, tulang dan tendon.

Menurut Wikipedia. Kolagen adalah salah satu protein yang menyusun tubuh manusia. Keberadaannya adalah kurang lebih mencapai 30% dari seluruh protein yang terdapat dalam tubuh. Dia adalah struktur organik pembangun tulang, gigi, sendi, otot, dan kulit. Serat kolagen memiliki daya tahan yang kuat terhadap tekanan. Kata “kolagen” sendiri berasal dari bahasa Yunani yang artinya (bersifat lekat atau menghasilkan pelekat/melekat).

Kolagen saat ini telah ditemukan dan dibagi menjadi 28 kelas :

  • Kolagen fibrillar, yaitu kolagen tipe I, II, III, V, dan XI.
  • Kolagen yang membentuk jaringan, yaitu kolagen Tipe IV (Lamina densa dari dasar membran Hemidesmosom), VIII und X.
  • Kolagen yang fibrillar terasosiasi(FACIT), yaitu kollagn tipe IX, XII, XIV, dan XXII.
  • Kolagen berbentuk rangkaian mutiara, yaitu kolagen tipe VI.
  • Verankerungsfibrillen, yaitu kolagen tipe VII.
  • Kolagen dengan domain transmembran, yaitu kolagen tipe XIII, XVII, XXIII, dan XXV.

Manfaat Kolagen

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen akan menurun. Pada usia 25 tahun, tubuh akan mulai kehilangan kolagen sebanyak 1,5% setiap tahun dan akan semakin cepat penurunan kolagen pada saat memasuki menopouse karena tubuh berhenti memproduksi hormon estrogen yang paling penting di dalam tubuh wanita.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kolagen dapat membantu meningkatkan dan memperbaiki hidrasi kulit, elastisitas, dan berat jenis kolagen sehingga dapat mencegah atau mengurangi penuaan kulit.

Sedangkan menurut Dokter, kolagen tidak hanya didapatkan melalui skincare. Akan tetapi bisa juga didapat dari makanan yang mengandung sumber kolagen alami.

Meskipun dari makanan, kolagen tersebut tetap bagus dan bermanfaat untuk tubuh Anda, termasuk untuk kulit.

Bukan hanya untuk kesehatan kulit, kekenyalan kulit dan kelenturan kulit, tetapi juga penting untuk tulang juga, jaringan ikat dan bagian tubuh lainnya.

Sebagaimana dilansir dari tayangan Youtube dr. Saddam Ismail pada 23 Mei 2022, berikut ini 7 makanan yang mengandung sumber kolagen tinggi alami yang mudah didapat pada makanan sehari-hari.

1. Ayam

Apakah Anda tahu kalau ayam sering dijadikan suplemen yang mengandung kolagen. Sebagian sumber kolagen dari ayam itu terdapat dari jaring ikatnya, serta tulang rawan ayam.

Ayam mengandung protein dan asam amino sebagai pembentuk kolagen yang lengkap. Jadi, Anda bisa mendapatkan sumber kolagen dari ayam melalui tulang rawan dan juga bagian leher.

2. Ikan

Sama seperti ayam, ikan juga termasuk sumber kolagen alami yang terdapat pada jaringan ikat dan juga tulangnya.

Bahkan, ikan ini memiliki kolagen yang berkualitas tinggi. Sebagian besar sumber kolagen terdapat di kepala, bola mata dan kulit.

Bagi yang tidak menyukai bagian-bagian di atas, bisa mengonsumsi daging ikannya beserta kulitnya.

3. Kaldu Tulang

Kaldu tulang sering dibuat menjadi sayur sop, bakso, ataupun makanan yang memakai kaldu, sehingga makanan tersebut menjadi enak.

Kaldu tulang terdiri dari kaldu tulang ayam ataupun tulang sapi. Semakin lama Anda merebus tulang akan membuat sumber kolagen semakin banyak.

Sementara itu, kaldu tulang juga kaya akan kalsium, fosfor, magnesium, glukosamin dan kondroitin.

4. Buah-Buahan Sitrus

Seperti apa buah-buahan sitrus? Itu merupakan buah-buahan jeruk seperti jeruk manis dan lemon.

Buah-buahan sitrus ini kaya akan vitamin C yang dapat membantu pembentukan kolagen di dalam tubuh.

Dengan rajin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C seperti buah sitrus, maka pembentukan kolagen di dalam tubuh menjadi lebih optimal.

5. Putih Telur

Putih telur terkadang kurang begitu disukai karena rasanya yang hambar, padahal putih telur termasuk sumber protein.

Dalam satu buah telur bagian yang putihnya itu mengandung sekitar 6,2 gram protein, dan itu bisa bisa memenuhi kebutuhan protein 10% untuk kebutuhan harian.

Selain itu, putih telur mengandung asam amino dan protein yang disebut albumin.

Meskipun kandungan kolagen pada putih telur tidak terlalu tinggi, tapi putih telur kaya akan prolin.

Prolin adalah asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk kolagen.

6. Bawang Putih

Memang, bawang putih tidak mengandung kolagen secara langsung, tapi di dalam bawang putih terdapat mineral yang dapat membantu pembentukan kolagen.

Kandungan mineral yang terdapat di bawang putih mampu mencegah pemecahan kolagen di dalam tubuh.

Akan tetapi, jangan mengonsumsi bawang putih secara berlebihan karena tidak baik untuk tubuh.

Lantas, bagaimana cara yang baik untuk mengonsumsinya? Bisa Anda masukan dalam makanan, dijadikan bumbu, ataupun di makan mentah itu juga bisa asalkan tidak terlalu banyak.

7. Tomat

Tomat mengandung vitamin C yang dapat membantu pembentukan kolagen di dalam tubuh.

Selain itu, tomat mengandung likopen yaitu antioksidan yang membantu menjaga kesehatan kulit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.